Tips Mengenali Website Scam Dengan Mudah

Tips Mengenali Website Scam Dengan Mudah

Tech Tips
Share Artikel ini

Kabar Inhil – Tips Mengenali Website Scam Dengan Mudah. Seorang wanita di Jawa Barat, korban penipuan penyembelihan babi, kehilangan 500 juta. Ternyata korbannya bukan orang Indonesia, melainkan orang asing dari Amerika juga.

Pig butchering adalah proses penggembalaan di mana ternak digemukkan terlebih dahulu agar lebih banyak daging yang bisa diperoleh untuk disembelih. Metode penggemukan ini tidak hanya untuk babi. Sapi juga digemukkan terlebih dahulu untuk menghasilkan lebih banyak daging. Anda mungkin menggunakan kata babi karena badan babi yang bulat.

Celengan dalam bahasa Inggris disebut “Piggy Bank”. Karena bentuk tubuh yang dalam dan gemuk babi dianggap lebih bisa menyerap makanan. Sedangkan jika bull memiliki garis lebih banyak, lokasi/volume mungkin tidak ideal untuk penghematan.

Modus Pig Butchering scam adalah menampilkan diri Anda sebagai investor yang sukses dan kemudian mendekati orang-orang kaya pilihan yang harus dipilih di media sosial. Penipu mencoba menjerat calon korban dengan “mengajarkan” calon korban cara berinvestasi online, baik itu kripto atau bentuk investasi online lainnya.

Calon korban diinstruksikan untuk membuat akun di situs web tempat scammer akan memberikan tautan, dan dalam kondisi instruksional, scammer menginstruksikan korban untuk melakukan setoran.

Awalnya, semuanya berjalan lancar hingga korban menginvestasikan lebih banyak uang dengan harapan mendapat untung lebih besar. Dan ketika setoran dianggap cukup untuk panen penipu, “kesalahan” dimulai. Misalnya, investor hanya dapat menarik dana jika mereka meningkatkan jumlah minimum yang sesuai. Jenis penipuan ini mirip dengan penipuan pinjaman “financial.org”.

Tips cara menghindarinya dan Mengenali Website Scam?

Peringatan pertama, selalu ingat bahwa tidak ada investasi yang memiliki pengembalian “berlebihan”, berkembang pesat dan tidak ada kerugian. Jika salah satu dari skenario ini menarik bagi Anda, yang terbaik adalah menyelidiki investasi terlebih dahulu.

Selanjutnya, periksa situs web. Apakah situs tersebut dapat dipercaya?

Berikut adalah beberapa tips metode yang dapat Kamu gunakan untuk mengenali apakah suatu website asli atau scam.

Periksa nama domain

Baca juga: Cara Memeriksa Kesehatan Baterai Android dan meningkatkannya

Jika Anda diberikan link untuk bergabung, coba cari tahu terlebih dahulu tentang situs tersebut melalui mesin pencari seperti “google“. Lihatlah tautan yang disediakan, hanya nama domainnya.

Contoh: https://bitmartch.net

Dalam contoh ini, nama domainnya adalah “bitmarch.net”.

Sebaiknya cari catatan ulasan tentang situs tersebut. Situs web populer pasti memiliki lebih banyak ulasan positif daripada yang negatif. Tentu saja, jumlah review tidak terbatas pada 2 atau 3 saja. Temukan lebih banyak ulasan dan diskusikan jika ada ulasan negatif atau positif.

Lihatlah orang-orang yang menjalankan situs

Tentukan siapa yang akan bertanggung jawab atas konten situs. Situs web yang dapat Anda percayai biasanya sangat jelas tentang siapa orang di belakangnya. Informasi ini biasanya dapat ditemukan di menu “Profil perusahaan”, “Siapa kami”, dan sebagainya.

Tautan sampel https://bitmarch.net di situs ini menampilkan profil perusahaan berjudul “Profil Perusahaan Bitmart” bukan “bitmarch”. Coba google “bitmart” lagi. Bisa jadi nama website dan nama perusahaan berbeda. Tapi sepertinya dana Bitmart yang saya dapatkan memiliki situs webnya sendiri dan tampaknya lebih dapat diandalkan karena mereka menyebutkan anggota tim dari banyak perusahaan terkemuka seperti Amazon, Accenture, Alibaba, dan lainnya.

Periksa konten web dan tautan di setiap menu

Lihat menu lengkap dan konten situs web. Jika banyak koneksi yang putus, berarti database belum siap atau fokus. Tautan sampel https://bitchmart.net menyatakan bahwa situs tersebut adalah platform perdagangan terbesar di dunia untuk aset blockchain.

Karena itu, manfaatnya tidak mungkin kecil. Mengapa mereka tidak ingin berinvestasi dalam membangun situs web profesional? Belum lagi aturan penulisan yang tidak mereka ikuti. Misalnya, “Laporan Industri Bitmart”. Bukankah seharusnya kata “profil” dieja dengan huruf kapital P?

Baca juga: Cara Mempercepat Smartphone Android yang Lemot

Tiga poin teknis di atas sudah cukup bagi orang awam untuk menilai apakah website tersebut terpercaya atau tidak. Ikuti kata hati Anda, jika ragu Anda tidak boleh melakukannya.

Situs web mudah dibuat dan modalnya relatif rendah. Buat laporan dan program untuk itu? Pekerjakan hanya programmer.

Saat menyembelih babi, teknik pemrograman tradisional digunakan. Dalam artian bukan hanya database statis dengan teks. Database digunakan untuk menyimpan data, merekam setiap transaksi untuk ditampilkan kepada pengguna.


Share Artikel ini
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments