Riau

Kuansing, Jambi dan Sumatera Barat Diusulkan Sebagai Provinsi Sumatera Tengah

Kabar Inhil – Kuansing, Jambi dan Sumatera Barat diusulkan sebagai provinsi Sumatera Tengah. Enam wilayah administratif dan satu kota, yaitu Kuansing (Riau), Dharmasraya, Sijunjung, Solok Selatan (Sumatera Barat), Muaro Bungo, Kerinci dan Sungai Penuh (Jambi) diusulkan menjadi satu wilayah yang disebut Sumatera Tengah. Ketujuh provinsi tersebut sudah berpenduduk 1.847.000 jiwa dan luas wilayah 23.170 mil persegi.

Rekomendasi tersebut tertuang dalam surat nomor 01/XII/IPST-2022 tanggal 27/10/2022 yang disampaikan kepada Presiden Joko Widodo. Diketahui, surat tersebut ditandatangani oleh H Zulfikar Atut Dt Penghulu Besar selaku pemrakarsa utama dan H Masful selaku sekretaris.

Surat itu juga menyebutkan alasan perpanjangan itu untuk meningkatkan kesejahteraan. Selain itu, terkait dengan peningkatan lapangan kerja, pengembangan ekonomi daerah, pengelolaan lingkungan dan peningkatan keselamatan masyarakat.

“Kami mengusulkan untuk memanfaatkan daya saing masyarakat di tujuh wilayah administratif dan kota di Provinsi Sumbar, Riau, dan Jambi,” bunyi surat tersebut.

Baca juga: Bupati Inhil H. Muhammad Wardan Meninjau Tanah Longsor Di Tanah Merah

Meski hanya sebagai tindakan pencegahan, para pemrakarsa juga mengatakan dalam suratnya bahwa proposal tersebut membutuhkan penelitian. “Tentu saja, kami serahkan semuanya kepada pemerintah untuk menyelidiki. Kami berharap dapat membuat daerah baru bernama Sumatera Tengah,” tutup surat itu.

Para pemrakarsa juga mengirimkan dokumen inisiasi daerah Sumatera Tengah kepada Ketua DPR RI, DPD RI, Kemendagri, Gubernur Sumbar-Riau dan Jambi.

Penulis surat tersebut adalah inisiator Daerah Sumatera Tengah yang beralamat di Jalan Lintas Sumatera Km 1 Sungai Dareh, Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya.

Berdasarkan usulan tersebut, diharapkan pemerintah pusat melakukan survei dan kemungkinan Kuansing, Jambi dan Sumbar masuk provinsi baru bernama Provinsi Sumatera Tengah sebagai provinsi ke-38 Indonesia.

Sejauh ini, keaslian surat itu belum bisa dipastikan. Namun, surat tersebut sudah beredar di berbagai grup WhatsApp dan diposting di beberapa akun media sosial, termasuk di akun Instagram Infodharmasraya pada Senin (12/12/2022).

Baca juga: Kabupaten Indragiri Hilir Terima Penghargaan KI Riau Award Peringkat Informatif

Isu ini mengundang perhatian masyarakat Indonesia, banyak masyarakat yang menolak atas wacana pemekaran beberapa kabupaten menjadi sumatera tengah.

Andika

Disqus Comments Loading...

Recent Posts

Building Fitness Workout

A fitness schedule should incorporate cardio, strength and look here flexibility exercises to assist you… Read More

5 days ago

Bupati Muhammad Wardan Berkomitmen Mendukung Pemasaran Madu Rimba Jaya

Tempuling - (Kabarinhil.com) Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Muhammad Wardan, baru-baru ini menghadiri proses panen madu… Read More

3 months ago

Muhammad Wardan Tanam Perdana Program PKSP di Desa Mugomulyo

Indragiri Hilir - (kabarinhil.com) Bupati Indragiri Hilir, HM. Wardan, bersama Ketua TP-PKK Inhil, Hj. Zulaikhah… Read More

3 months ago

Persiapan Pasukan Paskibraka Inhil Menuju HUT RI Ke-78

INDRAGIRI HILIR - (Kabarinhil.com) Dalam rangka memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang… Read More

4 months ago

Bupati Inhil HM Wardan Dianugerahi Lencana Wira Bina Desa pada HUT Riau Ke-66

Pekanbaru - (Kabatinhil.com) Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Riau yang ke-66, Bupati… Read More

4 months ago

Ribuan Narapidana di Riau Diusulkan Mendapatkan Remisi

Riau - (Kabarinhil.com) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau telah mengajukan sebanyak 9.528 narapidana… Read More

4 months ago

This website uses cookies.