Inhil Raja nya Udang di Provinsi Riau

Inhil Raja nya Udang di Provinsi Riau

Infografis Inhil
Share Artikel ini

Kabar Inhil – Inhil Raja nya Udang di Provinsi Riau. Udang salah satu pangan seafood yang memiliki protein tinggi yang bagus untuk tubuh manusia, yang banyak peminatnya biasa hidup di sungai, laut dan danau. Udang hampir bisa ditemukan disetiap daerah, bahkan disetiap genangan air alami baik tawar maupun payau.

Udang memiliki banyak jenis yang tersebar diberbagai daerah yang ada di Indonesia. Udang juga bukan hanya dijadikan pangan untuk dikonsumsi, udang juga bisa di budidayakan dan menjadi koleski dan hewan hias.

Udang juga merupakan komoditas andalan perikanan budidaya yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan berdaya saing. Indragiri Hilir merupakan penghasil udang terbanyak di Provinsi Riau tahun 2021 baik dari perairan laut dan perairan umum dengan nilai produksi sebanyak 43%.

Ketersediaan udang yang melimpah di Kabupaten Indragiri Hilir ini bisa mencukupi kebutuhan bagi masyarakat. Menurut data BPS Provinsi Riau Tahun 2021, jumlah produksi udang Indragiri Hilir mencapai 1744 ton. Angka produksi tersebut menjadikan Kab. Indragiri Hilir menjadi Raja Udang terbesar se-Provinsi Riau tahun 2021. Tentu ini membuat produksi udang perairan laut menjadi salah satu sektor Budidaya Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan provinsi Riau yang sangat potensial di Indragiri Hilir.

Baca juga: Pemkab Inhil Raih DID Terbesar Se-Provinsi Riau Tahun 2022

Pemanfaatan potensi ini terus dikembangkan agar perekonomian masyarakat setempat dapat meningkat dan tercapainya kehidupan masyarakat yang sejahtera. Melalui pembudidayaan udang ini, sangat menguntungkan dari sisi ekonomi.

Banyaknya produksi udang di Indragiri Hilir ini menjadikan inhil salah satu kabupaten dengan produksi udang terbesar di Riau. Berlimpahnya udang di Inhil ini menjadi sebuah komoditi yang menjanjikan untuk masyarakat. udang-udang ini bisa di pasarkan ke berbagai daerah yang ada di Provinsi Riau.

Bupati Indragiri Hilir, H. Muhammad Wardan mengharapkan, dengan produksi udang yang tinggi ini bisa membawa dampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar, diharapakan untuk kedepannya budidaya udang di inhil terus berkembang dan menjadikan komoditi yang menjanjikan untuk masyarakat.


Share Artikel ini
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments