Inhil Kabupaten Luas Lahan dan Produksi Kakao Terbesar di Provinsi Riau

Inhil Kabupaten dengan Luas Lahan & Produksi Kakao Terbesar di Riau

Ekonomi Inhil Trivia
Share Artikel ini

Kabar Inhil – Inhil Kabupaten dengan Luas Lahan dan Produksi Kakao Terbesar di Riau. Kakao merupakan salah satu komoditas unggulan indonesia. Menurut The International Cocoa Organization (ICCO), Indonesia menempati peringkat ke 3 untuk negara dengan produksi kakao terbesar di dunia periode 2019 dan 2020.

Kakao juga merupakan komoditi yang menjadi memperkuat daya saing Indonesia dengan negara lain. Dalam rangka mendukung perindustrian pengolahan kako, pemerintah melalui kemenkeu menerbitkan PMK no 67/2010 penetapan tentang barang ekspor yang dinekana biaya cukai, di antaranya yaitu komoditi kako. Hal ini dilakukan agar pegolahan dalam negeri semakin berkembang dan menarik investasi yang baru masuk ke Indoensia. Dengan kebijakan ini biji kakao dalam negeri bisa meningkat menyentuh 180.000 ton pada tahun 2010 dari 125.000 ton pada tahun 2009.

Baca juga: Kabupaten Indragiri Hilir Produsen Ikan Terbesar Di Provinsi Riau

Salah satu provinsi dengan penghasil kakao termasuk yang terbesar adalah Pronvinsi Riau, lebih rincinya lagi yaitu di Kabupaten Indragiri Hilir.

Menurut data BPS Provinsi Riau, Tahun 2021 luas lahan perkebunan kakao di Indragiri Hilir mencapai 1981 Ha, dengan jumlah produksi sebesar 437 ton. Angka ini menjadikan Kab. Indragiri Hilir menjadi produsen kakao terbesar di Provinsi Riau. Dengan harga yang relatif lebih stabil dibandingkan hasil perkebunan lainnya, tentu saja kakao menjadi salah satu sektor yang begitu potensial di Indragiri Hilir.

Luas lahan dan hasil produksi yang berlimpah, menjadikan Kabupaten Indragiri Hilir kabupaten terbesar dalam segi luas lahan dan produksi komoditi kakao di Provinsi Riau.

Dengan jumlah produksi tersebut, kami diharapkan hilirisasi produk guna meningkatkan nilai jual kakao dengan membuat produk turunan seperti cokelat, bubuk cokelat dan lain-lain. Karena produk-produk turunan dari kakao tersebut sangat berpotensi untuk ekonomi daerah.

Baca juga: Inhil Kabupaten Dengan Jumlah Masjid Terbanyak Ke-2 Di Provinsi Riau

Kako di Kabupaten Indragiri Hilir adalah salah satu komoditi yang menjadi pemasukan dari masyarakat sekitar, kebanyakan hasil produksi kakao di Kabupaten Inhil berasa dari perkebunan rakyat. Ini menunjukan kakao sangat penting dalam mensejahteraankan masyarakat yang ada di Kabupaten Inhil.


Share Artikel ini
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments