Bupati Inhil H. Muhammad Wardan Pimpin Rapat Persiapan Pemaparan Ajang IGA 2022

Bupati Inhil H. Muhammad Wardan Pimpin Rapat Persiapan Pemaparan Ajang IGA 2022

H. Muhammad Wardan HM Wardan
Share Artikel ini

Tembilahan (Kabar Inhil) – Bupati Inhil H. Muhammad Wardan Pimpin Rapat Persiapan Pemaparan Ajang IGA 2022. Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyelenggarakan Government Award Innovation Group (IGA) melalui pertemuan virtual. Pimpinan kabupaten dan daerah kategori inovatif antara lain Bupati Kabupaten Indragiri Hiliri, Drs. H. Muhammad Wardan, Anggota DPR, Indragiri Hilir di Aula Kantor Bapda, Tembilahan, Senin (21/11/22).

Dalam Simposium Kajian IGA 2022, Kabupaten Indragiri Hilir berdiri bersama 12 Gugus Kabupaten lainnya dan Inhil sendiri menampilkan sebanyak enam inovasi unggulan di bidang ekonomi yaitu;

  1. Si Tangkas (Perkebunan) Inovasi Dengan Tema Pelayanan Dasar : Gratis (Pendidikan)
  2. GSH (Kesehatan)
  3. Si Pentol Kuah (Trantibum berbasis Digital)
  4. Inovasi Dengan Tema Penanganan Sampah dan Kebersihan
  5. Juang (Pembersihan Saluran dan Genangan Air)
  6. Timpas (Tim Patroli Sampah)

Penilaian IGA 2022 praktis terpusat di ruang konferensi utama gedung kantor pusat.

Bupati menyampaikan bahwa “Tujuan dari acara rekognisi ini adalah untuk membawa inovasi pada proses penghargaan inovasi daerah Innovation Government Award (IGA) ini merupakan wadah bagi pemerintah daerah baik provinsi/kabupaten/kota untuk mengembangkan ide-ide inovatif dan kreatif dari teman-teman masyarakat yang melakukannya.” bekerja secara gotong royong dan kompak serta cepat. “Tujuannya ke depan agar ada panutan,” jelasnya.

Baca juga: H. Muhammad Wardan Buka Jambore HUT PGRI Ke-77

Bupati H. Muhammad Wardan saat pimpin rapat juga menambahkan, “Inovasi daerah dapat mempererat kerjasama antar daerah, mendorong terselenggaranya pelayanan publik yang terbaik.” Selain kompetisi inovasi, masyarakat juga harus mengedepankan kerjasama, gotong royong, saling melengkapi, saling belajar dan mengoptimalkan keunikan daerah. “Inovasi bukanlah tujuan akhir, melainkan sarana untuk meningkatkan kinerja daerah, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pelayanan publik dan daya saing daerah,” jelasnya.

Sementara itu, Menkeu Indragiri H. Muhammad Wardan mendengarkan para pimpinan OPD mempresentasikan inovasinya dan mendapatkan berbagai detail terkait inovasi tersebut sebagai informasi tambahan kepada Menkeu dalam menjawab pertanyaan tim review IGA nanti.

Sementara itu, Dirut Indragiri Hilir H. Muhammad Wardan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada tim yang telah bekerja dengan sempurna dan Alhamdulillah, Kabupaten Indragiri Hilir tahun 2022 masih menjadi salah satu calon kabupaten yang paling inovatif di antara 12 kabupaten di seluruh Indonesia yang terpilih dari data yang telah kami kirim.

Baca juga: H. Muhammad Wardan Buka Bazar UMKM Dan Festival Kuliner

Dan ini konsekuensi terbesar, karena pada tahun 2021 akan ada 68 inovasi, sedangkan pada tahun 2022 akan ada 120 inovasi, dimana 99 inovasi yang dilaporkan langsung akan masuk ke dalam sistem, jadi merupakan lompatan khusus. Dan tentunya kita mengharapkan tahun 2022 lebih berkualitas dari segi tuturan, kualitas isi dan tuturan yang kita hadirkan juga bisa lebih baik lagi.


Share Artikel ini
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments