Aktor Rudy Salam Meninggal Dunia di Usia 73 Tahun

Aktor Rudy Salam Meninggal Dunia di Usia 73 Tahun

Nasional
Share Artikel ini

Nasional (Kabar Inhil) – Aktor Rudy Salam Meninggal Dunia di Usia 73 Tahun. Aktor kawakan Rudy Salam meninggal dunia di usia 73 tahun di Rumah Sakit Harum pada pukul 06.04 WIB, Jumat (18/11). Dia dikenal luas dalam dekade dari akhir 70-an hingga 90-an dengan berakting di beberapa sinetron dan film.

“Alhamdulillah, Tuhan juga menyelamatkan. Meninggal di rumah Bapa Surgawi kami, suami/bapak/kakek kami dan saudara kami tercinta Rudi Salam pada hari Jumat 11/18/2022 pukul 06:04 WIB di Rumah Sakit Harum,” tulis Rudi Runa Salam, seorang anak. Salam akun Instagram, Jumat (18/11).

Runa mengatakan, jenazah ayahnya akan dimakamkan di Rumah Duka SMM Cikin. Rudy diketahui meninggalkan seorang istri Marina Gardena, dua orang anak, Runa Ricci Salam dan Rama Perkasa Salam, serta empat orang cucu.

Lahir dengan nama Rudy Sutantio Abdul Salam pada 3 Desember 1948 di Salatiga, Jawa Tengah, ia adalah saudara pertama dari Roy Marten.

Menurut informasi dari filmindonesia.or.id yang berasal dari What Are Indonesian Films 1979 oleh Yayasan Film Indonesia dan Sinematik, Roy Marten awalnya didahului oleh Rudi Salam.

Baca juga: Event IESO 2022, Putra Asal Riau ini Jadi Utusan Indonesia

Semula Rudi ditawari film di Metropolitan Brandals pada 1971. Namun, rencana itu dibatalkan karena ia harus pergi ke Jerman dan baru kembali pada 1976.

Sekembalinya ke Indonesia, sutradara Motinggo Busye memerankan Rudy Salam dalam Sejuta Duka Ibu pada 1977. Saat itu, adiknya Roy sudah dikenal sebagai bintang film yang sedang naik daun.

Namun popularitas Roy tidak menghentikan Rudy untuk tetap tinggal. Kemasyhurannya segera tumbuh dan menarik minat para pembuat film.

Ia langsung ditawari empat film pada 1977: Garis Hidup, Yang Muda Yang Mencintai, Jakarta Jakarta dan Noda dan Asmara.

Dalam satu tahun dalam dekade itu, ia berhasil membuat lebih dari lima film. Judul terkenal Rudy Salam antara lain Detektif Partikel Topan Ali Turun ke Jalan (1979), Wanita Segala Usia (1979), Ketika Cinta Harus Memilih (1981), Sundelbolong (1981), Langkah Tertentu (1989). ).

Reputasinya bertahan sampai munculnya televisi pribadi di tahun 90-an. Dia juga membintangi beberapa serial televisi, termasuk yang terkenal dengan Pernikahan Pertama pada pergantian milenium terakhir.

Baca juga: Diduga Intelijen Asing, 3 WNA Diamankan Satgas Marinir Ambalat

Setelah itu, ia berakting di teater, seperti di buku harian Nayla (2006), Candy (2007), Nimeni on Mentari (2008), Nikita (2009) dan You from the Stars (2014).

Sepanjang karirnya, Rudy Salam telah bermain di berbagai film dan teater. Namanya juga tenar bersama Roy Marten dan ia dikenal sebagai kakak beradik aktor terkenal pada masanya.

Roy sebelumnya juga telah melaporkan kematian saudaranya di akun media sosialnya. Roy menambahkan foto lawas bersama kakaknya saat masih merajai industri hiburan tanah air.


Share Artikel ini
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments